PERMAINAN KARTU KIMIA UNO (CHEMUNO CARD GAMES)

PERHATIAN (BACA INI DULU YAA SEBELUM MASUK KE ARTIKELNYA) :

ALHAMDULILLAH BANYAK YANG ANTUSIAS DAN TERTARIK DENGAN PERMAINAN INI UNTUK DIJADIKAN SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA. HAL INI DIBUKTIKAN DARI BANYAKNYA EMAIL YANG MASUK DARI PARA PENDIDIK DAN PENELITI DI SELURUH INDONESIA BAHKAN LUAR NEGERI .

TERIMAKASIH ATAS APRESIASINYA TERHADAP PERMAINAN INI.

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Senang bisa kembali mengisi website ini dari rentetan kegiatan yang “seabreg” , full day out …… dan akhirnya sedikit lega untuk bisa meluangkan waktu untuk share ilmu dengan temen-temen semua .

Kali ini saya mau share tentang permainan kimia. Nah, biasanya kalau udah dengar “KIMIA” ,, langsung persepsinya itu ke jenis zat yang membahayakan, kemudian juga kimia itu SUSAAAAHH. Ya gak sih ??? Kimia bikin mumet, rudet, apapun deh pokonya malesin banget sama kimia.

Tp tenang aja, kali ini saya mau bikin kimia itu menyenangkan, enjoy dan happy pastinya. Yappp tentunya saya membuat pembelajaran kimia yang menyenangkan dalam bentuk permainan. Tau dong yaa kalo permainan itu mengasyikkan, yaahh biasanya digunakan untuk mengisi waktu luang dirumah, ditempat kerja, and everywhere

Oke lets see

Awalnya saya terinspirasi dari jurnal internasional kimia .

Permainannya itu adalah UNO (^_^)

Pada tau permainan “UNO” gak ??? ,, pastinya tau dong…

Kalau ga tau googling deh (peace) 😀

Okay langsung ke topik pembicaraan aja yaaa ….

Jadi , ini permainan UNO nya itu saya beri nama “ChemUno” , kenapa saya beri nama ChemUno , ada alasannya nih :

1. Karena permainan ini hampir sama dengan permainan UNO, dan tentunya dimainkan dalam pembelajaran kimia jadi dinamakan ChemUno (Chemistry UNO).

Langsung saja yaa ,, saya jelasin selengkapnya …

ChemUno adalah permainan kartu yang mirip dengan UNO, yang dapat dimainkan oleh 2-10 pemain. Ada 117 kartu dibagi dalam kartu biasa dan kartu aksi. Kartu biasa (90 kartu) berisi simbol setiap unsur dari tabel periodik (kecuali unsur lantanida dan aktinida). Kartu aksi (27 kartu) dirancang untuk membuat permainan lebih menarik untuk dimainkan, terdiri dari 4 kategori :

Kartu Skull                              : 4 kartu

Kartu Equiblirium reaction   : 5 kartu

Kartu Mendeleiev                    : 8 kartu

Kartu Electron ionization      : 10 kartu

ChemUno (1)

Bentuk desain “kartu biasa” “ChemUno”

Skull

“Kartu Aksi” Skull dan Equiblirium Reaction

Mendeleiv

“Kartu Aksi” Mendeleiv dan Electron Ionization 1e

Electron Ionization

“Kartu Aksi” Electron Ionization 2e

FUNGSI KARTU AKSI :

Adapun fungsi dari kartu aksi ini adalah :

  • Kartu Electron Ionization : Kartu ini mengharuskan untuk mengambil satu atau dua kartu sesuai dengan jumlah elektron yang terlibat (satu kartu untuk -1 atau dua kartu untuk -2). Efeknya, pemain yang mengeluarkan kartu ini, pemain sesudahnya harus mengambil satu kartu atau dua kartu dari kartu ambilan (draw pile).
  • Kartu Equiblirium Reaction : Kartu yang bertanda (⇄). Kartu ini mengubah arah permainan, misalnya yang awalnya searah jarum jam menjadi berlawanan arah jarum jam.
  • Kartu Skull : Kartu Tengkorak. Apabila ada pemain yang mengeluarkan kartu ini, maka pemain sesudahnya akan dilewati atau di-skip, jadi dia kehilangan kesempatan membuang kartu.
  • Kartu Mendeleiv : Kartu ini memungkinkan pemain untuk memilih periode baru atau golongan untuk pemain selanjutnya dalam permainan. Hal ini juga dapat digunakan pada awal permainan. Kartu ini diperkenalkan untuk pengakuan pencipta tabel periodik, Dmitri Mendeleiev, dan wajahnya digambarkan dalam kartu tersebut.

CARA BERMAIN :

  • Pertama-tama kartu di shuffle secara random. Ada dua tipe kartu pada permainan ini yaitu kartu biasa (chemical cards) dan kartu aksi (nonchemical meaning cards). Kartu biasa adalah kartu yang berisi nama unsur dalam tabel periodik, sedangkan kartu aksi adalah kartu sebagai petunjuk di dalam permainan (kartu skull, equiblirium reaction, mendeleiv dan electron ionization).
  • Kartu dibagi perorang dengan tiap orang mendapat 6 kartu. Sisa kartu kemudian diletakkan tertutup untuk membuat “kartu ambilan” (draw pile). Jangan lupa ambil satu kartu untuk memulai yang kita sebut “kartu buangan” (discard pile). Kartu buangan harus kartu biasa (chemical cards), bukan kartu aksi (nonchemical meaning cards), kalau misalnya itu adalah kartu aksi, maka diambil kembali sampai terbuka kartu biasa, kartu aksi dikembalikan lagi ke dalam tumpukan kartu.
  • Satu pemain mengawali permainan. Pemain pertama tersebut harus “membuang” kartu yang sesuai berdasarkan golongan yang sama atau periode yang sama dengan kartu buangan tersebut. Misal kartu buangan adalah Cl, maka jika berdasarkan golongan maka urutannya, F, Br, I, At, atau Uus atau dengan periode yang sama urutannya Na, Mg, Al, Si, P, S, atau Ar.
  • Jika tidak ada, maka silakan ambil satu kartu dari kartu ambilan (draw pile), ingat hanya satu kartu. Apabila kartu yang kamu ambil ternyata bisa “dibuang”, maka buanglah kartu itu. Misalnya kamu ambil kartu dan ternyata mendapatkan Br, maka ia bisa dibuang (karena kartu buangannya Cl). Jika tidak bisa, tetap simpan kartu itu, dan lanjut pemain berikutnya.
  • Pemain berikutnya melanjutkan permainan dengan urutan searah jarum jam.
  • Permainan dilanjutkan sampai ada salah satu pemain yang kartunya habis .

Sebenarnya permainan ini simpel dan akan lebih seru jika di mainkan. Eitss, boleh juga dijadikan referensi bagi temen-temen yang ingin menjadikannya sebagai Judul Skripsi (S1), Tesis (S2), ataupun Disertasi (S3) khususnya bagi yang mengambil jurusan pendidikan kimia. Permainan ini bisa digunakan dalam pembelajaran kimia pada materi “Tabel Periodik Unsur”. Ini merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran kimia, agar kimia itu menjadi menyenangkan untuk dipelajari.

Nah ,, UNTUK PENJELASAN LEBIH LANJUT HUBUNGI AUTHOR

EMAIL : iramahartika@gmail.com

************************************************

“NOTE : NANTIKAN POSTINGAN TERBARU DARI SAYA TENTANG DESAIN DAN TEKNIK BARU DARI PERMAINAN CHEMUNO INI (COMING SOON) . TENTUNYA LEBIH LENGKAP SEKALIGUS DENGAN TUTORIAL PERMAINANNYA” 

 

 

3 respons untuk ‘PERMAINAN KARTU KIMIA UNO (CHEMUNO CARD GAMES)

Tinggalkan komentar